Newpinery
Gerhana

Pengertian Terjadinya Gerhana dan jenis-jenisnya

Salah satu peristiwa alam yang paling menakjubkan yang mungkin pernah sobat jumpai adalah gerhana. Bayangkan, di siang hari tiba-tiba bisa menjadi gelap gulita seperti malam hari. Lebih menakjubkan lagi melihat bulan purnama yang begitu besar nan indah seolah-olah dimakan habis oleh raksasa yang sangat jahat. Itulah fenomena gerhana bulan dan gerhana matahari. Apa sebenarnya gerhana itu? apa penyebabnya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Pengertian Gerhana

Menurut asal katanya gerhana berasal dari bahasa yunani ekleipsis, yang bermakna “peninggalan” atau “pelalian”. Disebut demikian karena orang jaman dahulu selalu takut jika ada gerhana dan menganggap sebagai sebuah pertanda yang tidak baik. Kata ini kemudian diserap ke dalam bahasa inggris menjadi “Eclipse“.

Menurut wikipedia, Gerhana sendiri sebenarnya merupakan fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Istilah ini umumnya digunakan untuk gerhana Matahari ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, atau gerhana bulan saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Namun, gerhana juga terjadi pada fenomena lain yang tidak berhubungan dengan Bumi atau Bulan, misalnya pada planet lain dan satelit yang dimiliki planet lain.

Apa Penyebab Gerhana?

Penyebab dari gerhana matahari maupun gerhana bulan adalah sama yaitu bayangan. Gerhana disebabkan oleh bayangan bumi atau bulan yang menutupi sinar matahari. Bayangan yang terbentuk oleh bulan maupun bumi tersebut ada yang bayangan sempurna ada juga bagian yang merupakan bayangan kabur.

eclipsediagram - Pengertian Terjadinya Gerhana dan jenis-jenisnya

Dari gambar diatas ada sebuah area bayangan inti (sempurna) yang disebut dengan umbra. Kata umbra berasal dari bahsa latin yang berarti bayangan. Bentuk umbra mengerucut ketika menjauhi bulan atau bumi. Di sekitar umbra ada daerah bayangan kabur yang disebut dengan penumbra. Panjang penumbra bumi skitar 1,4 juta kilometer sedangkan panjang penumbra bulan sekitar 370 ribu kilometer.

Jenis gerhana ada dua macam gerhana matahari (solar eclipse) dan gerhana bulan (lunar eclipse). Gerhana matahari terjadi ketika bayangan bulan menutupi bumi dan gerhana bulan terjadi ketika bayangan bumi menutupi bulan. Berikut pejelasan lengkapnya.

 

A. Gerhana Bulan

Lunar eclipse - Pengertian Terjadinya Gerhana dan jenis-jenisnya

Lunar eclipse atau Gerhana Bulan terjadi ketika bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Gerhana ini terjadi pada waktu bulan purnama. Amati gambar di bawah. Ketika umbra bumi akan meutupi bulan (bulan masuk ke dalam umbra bumi), maka akan terjadi gerhana. Saat bulan seluruhnya masuk ke umbra bumi akan terjadi gerhana bulan totoal. Jika hanya sebagaian bulan yang masuk maka yang terjadi adalah gerhana bulan sebagaian atau parsial. Ketika bulan sama sekali tidak masuk dalam umbra bumi dan berada di area bayangan penumbra maka yang terjadi adalah gerhana bulan penumbra.

Jadi jika pada suatu malam sobat melihat terjadi gerhana bulan total sejatinya peristiwa tersebut adalah rangkaian dari berbagai gerhana bulan.
Berikut merupakan jenis-jenis Gerhana Bulan :

    1. Gerhana Bulan Total
    Gerhana bulan total terjadi saat bayangan dari permukaan bumi tepat menutup sempurna permukaan bulan sehingga sama sekali tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan ke bumi. Gerhana bulan total akan membuat bulan nampak menghilang perlahan dan akhirnya menjadi hitam sempurna. Saat terjadi gerhana bulan total, bulan berada pada daerah bayangan umbra.

    2. Gerhana Bulan Penumbra
    Seluruh permukaan bulan berada pada zona bayangan penumbra yang dihasilkan bumi saat menghalangi sinar matahari. Karena berada pada penumbra seutuhnya maka permukaan bulan tidak gelap sempurna, tetapi cenderung terlihat suram dan masih terlihat bentuk bulat dari bulan.

    3. Gerhana Bulan Sebagian
    Tidak semua permukaan bulan tertutup bayangan dari penampang bumi. Masih terlihat bulan di langit meski sebagian besar menjadi gelap karena sebagian permukaan bulan berada pada zona bayangan umbra dan sebagian lagi penumbra. Bulan yang berada pada penumbra akan nampak remang-remang tidak gelap sempurna.

 

B. Gerhana Matahari

solar eclipse - Pengertian Terjadinya Gerhana dan jenis-jenisnya

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru berada tepat atau sangat dekat dengan simpul perpotongan orbit bumi mengelilingi matahari dan orbit bulan mengelilingi bumi. Si Solar Eclipse terjadi ketika umbra bulan menutupi matahari. Ketika itu tidak cahaya matahari tidak sampi jatuh ke bumi meskipun pada siang hari sehingga fenomena gelap total di siang hari terjadi.

Dalam gerhana matahari bayangan bulan ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan permukaan bumi sehingga gerhana matahari ini hanya terjadi pada daerah tertentu dengan area bayangan yang tidak terlalu luas, sama seperti gerhana bulan.
Berikut merupakan macam-macam Gerhana Matahari :

    1. Gerhana Matahari Total
    Jenis gerhana ini dialami oleh bagaian bumi yang masuk ke dalam umbra bulan. Pada saat gerhana total yang terlihat hanya korona dan prominence di sekitar permukaan bulan. Pada saat tersebut sobat bisa memandang matahari lansung dengan mata telanjang tetapi dalam waktu beberapa detik saja. Ketika cahaya matahari mulai jatuh lagi ke bumi untuk pertama kalinya akan sangat berbahaya jika sobat melihatnya langsung dengan mata telanjang.

    2. Gerhana Matahari Sebagian atau Parsial
    Terjadi pada bagian bumi yang masuk ke dalam daerah penumbra bayangan bulan. Pada saat itu cahaya matahari tidak tertutup total hanyat terlihat sebagaian kemudian kembali penuh lagi.

    3. Gerhana Matahari Cincin
    Gerhana matahari cincin terjadi karena bulan berada pada jarak terjauh dari bumi, yaitu sekitar 406 ribu kilometer. Pada saat itu kerucut bayangan umbra bulan tidak dapat mencapi bumi sehingga yang menutupi bumi hanya perpanjangan dari kerucut bayangan tersebt. Daerah di permukaan bumi yang terletak di perpanjangan umbra bulan tersebut akan mengalami gerhana matahari cincin.

 

Yap! Itulah jenis-jenis dan pengertian Gerhana, jika terdapat salah penulisan kata maupun informasi yang diberikan silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah.
Jika berkenan jangan lupa share ya.

Alan Syahputra